Panduan Saat Berpuasa di Bangkok

Berada di negara yang mayoritas penduduknya tidak berpuasa, tidak seberat yang mungkin dikhawatirkan oleh banyak orang. Di manapun dan bagaimanapun, berkah Ramadan, insya Allah, akan selalu menghampiri. Ingatlah bahwa seseorang diberi pahala sesuai dengan kadar kepayahan yang dialaminya. Bagi sahabat yang mungkin sedang berada di Thailand, khususnya di sekitar King Mongkut's University of Technology Thonburi (KMUTT) Bangkok, ada beberapa info yang ingin saya share. Semoga bermanfaat.


* MASJID
Lokasi masjid terdekat dari KMUTT adalah masjid Darussalaam. Masjid ini dapat ditempuh dalam waktu hanya beberapa menit dari kampus. Keluar dari gerbang utama kampus, belok ke kiri, kemudian ikuti jalan hingga menemukan plang jalan "Pracha Utit 30". Akan tampak sebuah restoran halal dan gerbang bertuliskan nama masjid "Darussalaam" dalam bahasa Arab. Belok kiri untuk memasuki jalan dari gerbang tersebut hingga ada persimpangan jalan antara lurus atau belok kiri. Menara masjid sudah tampak dari sana, sehingga tidak sulit untuk memutuskan belok kiri sebagai jalan yang benar.

* BUKA PUASA
Azan magrib berkumandang sekitar pukul 18.48, waktu setempat. Untuk menu berbuka, masjid Darussalaam menyediakan makanan minuman dan makanan. Minuman yang tersedia seperti es sirup, krisan, susu dan air putih. Sedangkan makanan bisa bermacam-macam seperti kurma, manggis, pisang, roti, gorengan, dan kue. Setelah menyelesaikan salat magrib berjama'ah, dilanjutkan dengan makan malam yang terdiri dari nasi, sayur, lauk dan daging. Kemudian makanan pencuci mulut, yang rasanya tidak terlalu mengguncang perut seperti ketika makan di beberapa food court Thailand. Sayur yang dihidangkan berganti menu setiap harinya, seperti toge, pepaya, jamur, buncis, dan bayam, sedangkan untuk lauk biasanya berupa ikan teri, ikan asin, ikan goreng pedas, pindang dan lain-lain. Selain itu, juga dilengkapi dengan daging, baik disup bersama sayur, maupun semur, rendang, dan berbagai hidangan lainnya. Terakhir, pencuci mulut pun beraneka ragam, mulai dari es cendol, roti, selasih, kolak, kacang hijau, dan cincau. Semua makanan dan minuman tersebut dihidangkan secara gratis, tanpa bayaran apapun, bahkan boleh dibungkus pulang jika masih ada sisa.
*TARAWIH
Setelah makan malam bersama di masjid, sekitar pukul 20.08 waktu setempat, azan isya akan terdengar. Setelahnya, dilanjutkan salat berjama'ah dan disambung salat tarawih. Untuk jumlah raka'at, sama dengan beberapa daerah di Indonesia, 8 raka'at tarawih dengan 4 salam dan 3 raka'at witir dengan 1 salam. Namun, yang membedakan adalah tidak ada anak-anak kecil berlarian di dalam masjid selama salat berlangsung, kemudian kultum tidak dilaksanakan setelah salat isya, melainkan sesudah tarawih. Di sana juga tidak ada bilal yang mengawal jalannya tarawih. Selain itu, ada beberapa kali jeda pada waktu-waktu berikut, yaitu setelah tarawih raka'at keempat dan kedelapan (sebeum witir). Sepanjang berlangsungnya solat, imam mendampingi surah al-fatihah dengan surah yang jarang digunakan dalam solat berjama'ah. Meski surahnya cukup panjang, bacaan dan hafalan imam yang bagus membawa makmum nyaman dan menikmati keindahan lantunan surgawi tersebut. Solat tarawih berakhir sekitar pukul 21.15 waktu setempat.
*SAHUR
Sepulang tarawih, masih terdapat toko-toko yang menyediakan makanan halal di Talad 61. Talad (pasar) ini dapat dijangkau dengan Kapoh (semacam angkutan, tetapi lebih terbuka) bernomor 9, 11 atau 99 dari jalan di depan gerbang masjid atau di depan KMUTT. Tarif angkutan umum ini hanya 6 Baht per orang atau sekitar Rp 1.800 ( 1 Bath sekitar Rp 300). Namun jika jam menunjukkan pukul 21.30, maka tarif naik menjadi 10 Baht untuk setiap orang. Setelah sampai di pasar 61, pemilik gerobak paling kanan dan paling kiri dari deretan terdepan (yang pertama kali kita temui) bisa berbahasa melayu sehingga memudahkan komunikasi. Makanan yang tersedia, diantaranya nasi putih, bakmi itik dan udang serta nasi itik dan udang. Selain itu, di deretan yang lebih dalam, ada juga makanan seperti sop daging, rendang dan semur yang dijual oleh orang India. Cukup dengan menunjuk makanan yang diinginkan dan menggunakan jari tangan sebagai petunjuk harga, bagi yang belum menguasai bahasa Thai sama sekali. Selain itu, pasar ini juga menjual sayur, buah maupun kebutuhan rumah tangga lainnya, bahkan pakaian dan asesoris lainnya. Waktu sahur di sini hampir sama dengan di Indonesia, hingga azan subuh berkumandang sekitar pukul 04.37 waktu setempat dan terkadang dapat terdengar dari Female Dorm KMUTT.

repost:

Ditulis oleh

Muslim Society (Musisy) Adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Islam yang ada di Univeritas Internasional Batam yang Diresmikan Sejak Tahun 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2014 MUSISY.BLOGSPOT.COM Developed by WanpinBatam.com

Wanpin Batam