Perjalanan Do'a bersama Sains

Assalaamu'alaikum Wr Wb.

Ikhwahfillah, ketika kita sedang berdo'a, pernahkah kita berfikir ke mana doa tersebut berkelana? Akankah ia sampai kehadirat-Nya, ataukah tersesat dalam perjalanannya, tersangkut di suatu lembah.

Sholat adalah rukun Islam yang pertama, dan dalam pelaksanaannya, Allah memerintahkan kita menghadap kiblat yang sama, yaitu Ka'bah (Mekah). Secara psikologis, kita melaksanakan perintah-Nya semata-mata karena ketaatan, tanpa memperdulikan itu baik / buruk untuk kita. Meskipun, pada akhirnya kita tahu bahwa apapun yang diperintahkan Allah PASTI untuk kebaikan kita. Secara logika, kita bisa bayangkan apa jadinya kalau kiblat kita tidak ditentukan. Mungkin saja di dalam satu masjid, ada 100 jama'ah yang sholatnya menghadap ke arah yang berbeda-beda. Apa jadinya? :D

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan, "Apa ya hikmah yang tersembunyi dalam perintah ini?".

Ikhwahfillah semua, ayo siapa yang waktu SMP/ MTs atau SMA/SMK/MA pernah dapat pelajaran Fisika tentang "Kaidah Tangan Kanan"?^^
Jadi, gini ceritanya...
 
1. Energi terkumpul (terakumulasi)
Solat dan doa kita adalah energi yang mengarah pada Ka'bah, yang digambarkan seperti panah. Energi-energi dari seluruh dunia bertemu di Ka'Bah, menumpuk dan bertambah besar nilai energinya.

2. Energi diputar
Ketika jama'ah haji thawaf, maka kumpulan energi tersebut diputar berlawanan arah jarum jam.

3. Energi naik ke atas

Sesuai kaidah tangan kanan, apabila putaran energi bergerak berlawanan arah jarum jam, maka energi yang terakumulasi tersebut akan bergerak ke atas (naik ke langit).





Dalam kaidah tangan kanan, ke empat jari yang terkepal (jari telunju, tengah, manis dan kelingking) ibarat putaran energi ketika thawaf, dan jempol adalah energi sholat dan do'a yang mengarah ke langit.

Ada beberapa ibroh / hikmah yang dapat disimpulkan:
1. Sholat bukanlah menyembah batu (Ka'bah), akan tetapi Ka'bah hanyalah sebagai perantara untuk menyatukan energi sebagai usaha manusia.

2. Energi sholat dan doa dari seluruh dunia akan terus menerus terakumulasi. Hal ini dikarenakan perbedaan waktu di berbagai belahan bumi, sehingga sholat-sholat umat muslim di seluruh dunia saling sambung menyambung dan tidak pernah terputus.

3. Energi tersebut diputar pada saat thawaf oleh jama'ah sekitar dan jamaah umroh maupun haji yang dalam 1 hari bisa berbeda waktu/jam. Hal ini menyebabkan putaran energi yang terus menerus terjadi.

4. Sholat di Masjidil Haram mendapat keutamaan 100.000 kali karena dekat dengan titik poin utama energi.
Dari Jabir radhiallahu’anhu sesunggunya Rasulullah sallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلَّا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ ، وَصَلَاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ

“Shalat di masjidku, lebih utama seribu kali (dibandingkan) shalat di selainnya kecuali Masjidil haram. Dan shalat di Masjidilharam lebih utama seratus ribu (dibandingkan) shalat di selainnya.“ (Hadits dishahihkan oleh Al-Mundziri dan Al-Bushoiry. Al-Albany berkata: “Sanadnya shahih sesuai persyaratan Bukhori dan Muslim, Irwaul Ghalil, 4/146).

5. Sholat berjama'ah mendapatkan keutamaan 27 derajat, karena dengan penyatuan energi dari jama'ah sehingga kecepatan agar energi bisa naik, lebih cepat.

Dari Ibnu Umar -radhiallahu anhuma-, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

“Shalat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian."
(HR. Al-Bukhari no. 131 dan Muslim no. 650)

 Pada dasarnya, dalam bacaan sholat kita terkandung doa-doa. Namun, bagaimana dengan do'a ketika kita tidak menghadap kiblat?

Q. S. Al-Baqarah (2) Ayat 177

لَّيْسَ الْبِرَّ أَن تُوَلُّواْ وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَـكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَالْمَلآئِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَى حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّآئِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُواْ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاء والضَّرَّاء وَحِينَ الْبَأْسِ أُولَـئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا وَأُولَـئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

[Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (kebajikannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.]



MasyaAllah, semakin terbukti kebenaran dari akidah yang lurus ini. Semoga memotivasi untuk menemukan bukti-bukti dan fakta-fakta kebenaran Islam lainnya.  Yang benar datang dari Allah, dan yang salah adalah dari makhluk-Nya.

Wallahu alam bisshowab.

Special thanks to admin of :
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004862626/benarkah-jika--solat-dan-doa-naik-ke-langit/
http://arahkiblat.blogspot.com/
http://rastanzshare.blogspot.com/2012/08/benarkah-jika-shalat-dan-doa-naik-ke.html
http://www.tafsir-albarru.com/id/al-baqarah/264-al-baqarah-ayat-177.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kaidah_tangan_kanan
http://www.dzikir.org/index.php/syariat-islam/haji/129-tawaf
http://islamqa.info/id/ref/136578
http://kmmp.faperta.ugm.ac.id/2012/02/keutamaan-sholat-berjamaah/



Ditulis oleh

Muslim Society (Musisy) Adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Islam yang ada di Univeritas Internasional Batam yang Diresmikan Sejak Tahun 2012

2 komentar:

  1. Subhanallah..satu persatu semua yang diajarkan dalam agama Islam bisa dibuktikan secara ilmiah, maka nikmat mana lagikah yg akan kita dustakan..let's be closer to Him ^^

    BalasHapus

 

Copyright © 2014 MUSISY.BLOGSPOT.COM Developed by WanpinBatam.com

Wanpin Batam