Badai Pasti Berlalu

Bismillahirrahmanirrahim, Assalaamu alaaikum , warrahmatullahi wabarakatuh.
     Hidup ini sudah diatur sedemikian rupa oleh Yang Maha Kuasa, kita pasti pernah merasakan bahwa hidup ini  senang, sedih, mudah, susah dan lain sebagainya, semua kejadian sudah diatur sebaik mungkin untuk kita, seperti cuaca, cerah adalah cuaca yang bagus namun bukankah tidak akan mengasyikan jikalau cuaca itu hanya cerah saja sepanjang waktu tanpa ada hujan ? ,Begitupula hidup kita , agar hidup kita lebih berwarna kita akan merasakan berbagai keadaan, meski tak semua keadaan itu indah namun variasi dari keadaan itulah yang membuat hidup kita lebih bermakna.

     Dalam kehidupan, kita akan merasakan saat dimana kita harus melewati masa-masa susah, Nah masa-masa susah ini bagaikan badai bagi hati, jiwa, dan pikiran kita. Kesusahan yang kita rasakan seperti membuat perjalanan kesusksesan kita terhambat, lalu munculah paradigma bahwa masalah adalah penghambat kesuksesan, dari paradigma tersebut  timbul sebuah pertanyaan "apakah benar masalah hanya menghambat perjalanan kesuksesan kita ? ".

     Setiap sesuatu pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, begitu juga dengan masalah yang sedang kita hadapi, dibalik perjalanan kita yang terhambat, harus kita sadari bahwa masalah sudah memberikan kita banyak sekali manfaat, mulai dari mengembangkan cara kita berfikir, pembentukan karakter yang kuat , dan memberikan kita pelajaran untuk menghadapi masalah sejenis dilain waktu.

     Orang bijak berkata "badai pasti berlalu" ( maknanya adalah kita tidak akan selamanya tertimpa masalah/susah/menderita ), saya setuju dengan orang bijak tersebut, tetapi kata-kata tersebut jangan sampai menjadikan kita orang yang hanya berdiam diri lalu tidak mau berusaha, sehingga kita hanya menunggu badai tersebut lewat ataupun selesai. Jika kita adalah orang yang cerdas marilah kita gunakan momentum badai tersebut sebagai parameter kekuatan diri kita. Meskipun sedang badai bukan berarti tidak ada yang bisa kita lakukan, kita bisa memperkuat fondasi kita agar tidak roboh ketika diterpa badai, kita bisa mengecek apakah ada bagian dari diri kita yang rusak dan perlu diperbaiki  agar kerusakan tersebut tidak  menjadi semakin besar disebabkan badai masalah yang sedang menimpa kita. Kita bisa mencari cara untuk  melanjutkan perjalanan ketika badai, bahkan mencari jalan untuk keluar dari badai tersebut.

     Saat badai tersebut telah selesai, kita tau, kita sudah jadi lebih kuat karena badai masalah yang kita hadapi, dan setelah hari menjadi semakin cerah kita bisa merasakan manfaat dari semua yang telah kita alami sebelumnya. 

Jika saat ini dirimu sedang terkena badai disaat ini , Ingatlah :

(Al-Insyirah : 5-6)

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6
5.  Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
6.  Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Dan juga kita ingat :
(At Taubah : 40)

لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا

"Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita"

Nah , dikala mendapat tumpukan masalah yang membadai , kita jangan bersedih , dibalik semua kesulitan menyelesaikan masalah , pasti ada kemudahan yang akan Allah berikan. Sekian dari Saya syukron sudah mau membaca, lebih kurang dan kesalah mohon dimaafkan.

Billahi Taufiq wal Hidayah , Wassalaamu alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.


Kebenaran itu mutlak dari Allah ,dan  jika dalam tulisan ini ada kekeliruan atau kekurangan adalah kesalahan saya pribadi.

(by Akhi M. Sefrian Nurhamzah)




Ditulis oleh

Muslim Society (Musisy) Adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Islam yang ada di Univeritas Internasional Batam yang Diresmikan Sejak Tahun 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2014 MUSISY.BLOGSPOT.COM Developed by WanpinBatam.com

Wanpin Batam