Musisy kedatangan saudara Muslim dari Thailand & Malaysia!


UIB Menjadi tuan rumah pelaksanaan diskusi muslim internasional
Batam (VoU)—Rabu, 27/10/2013 menjadi hari yang spesial bagi Musisy (Muslim Society), Lembaga Dakwah Kampus UIB pasalnya pada hari itu Musisy kedatangan saudara muslim dari negeri seribu pagoda, Thailand. Batam menjadi salah satu tujuan ekspedisi dari program Educational and Sosial Expedition for Global Action ( EDEXGLA) III. Sebelum berkunjung ke Batam, EDEXGLA telah berkunjung ke Malaysia dan Singapura.
“this is the third time for us to doing this program,but the first time to visit UIB, in this program we bring our students from variety university in Thailand, the target of this program we want our student to see what is the world, how the lifestyle of the country around us and how they develop their country and of course we want to create a good friendship to our brothers and sisters around our country” Ujar Sukree Sareem selaku Penasihat EDEXGLA III saat ditemui disela-sela kegiatan diskusi antar delegasi pada Kamis (28/10), dikesempatan yang sama Sarawanee Helabi salah satu pembina dari EDEXGLA III menjelaskan “in this EDEXGLA III we bring our 10 students from 4 different University in Thailand, and 3 lecturers including me
        Kedatangan saudara muslim dari Thailand tersebut bersempena dengan program International Moeslem Students Touring & Discussion Forum dengan tema Ukhuwah Islamiyah, dimana UIB mendapat kehormatan menjadi tuan rumah. Program ini tidak hanya dihadiri oleh delegasi dari Thailand ikut hadir delegasi dari Malaysia yang diwakili oleh 3 orang mahasiswa/i yang tengah menempuh program pertukaran pelajar di UIB. Program ini berlangsung selama 2 hari dengan agenda di hari pertama melakukan tour ke beberapa tempat di Batam seperti Batam Miniatur House Indonesia di bilangan Bengkong,  Mesjid Jabal Arafah, Mesjid Raya Batam, serta tidak lupa ke Nagoya Hill guna membeli oleh-oleh khas Indonesia seperti Batik, tour hari itu ditutup dengan diskusi ringan sekaligus makan malam bersama di Delta Villa. “di lokasi wisata miniatur Indonesia kami menghabiskan waktu kurang lebih  1 jam melihat-lihat versi mini rumah adat Indonesia, mereka(delegasi Thailand dan Malaysia-red) sangat antusias untuk mengetahui keberagaman Indonesia” ujar Septian Purwandi sebagai salah satu perwakilan Musisy dalam tour tersebut.
        
        Senin, 28/10 bertepatan dengan hari sumpah pemuda menjadi puncak dari program International Moeslem Students Touring & Discussion Forum, kegiatan pada hari itu juga dihadiri Wisnu Yuwono, S.E., M.M. kepala Biro Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (BPKA) UIB, agenda kegiatan dihari kedua yakni perwakilan dari setiap delegasi memaparkan mengenai kondisi Islam dan kehidupan muslim dari negara masing-masing. “Batam is okay it is better than Thailand because muslim in here is mayority, in Thailand we are about 10% very very minority, through this program we learning, we studying the muslim’s life out of our country and make me, my team and my students knows  more detail about Islam in Indonesia especially in Batam, we got many experience and knowledge here, and of course make us got many new brother and sisters in Islam.” Ujar Sukree Sareem penuh semangat saat ditanyai mengenai perbandingan mengenai kehidupan muslim di Batam dan Thailand.

        
        Kegiatan hari itu berlangsung di Aula B kampus Universitas Internasional Batam (UIB) dari pukul 08.30-10:30 WIB “Alhamdulillah akhirnya acara ini bisa berjalan dengan lancar, walaupun ada sedikit hambatan tetapi Alhamdulillah masih dapat kita handle. Kita sangat berterima kasih atas kedatangan teman-teman dari Thailand, mereka sudi berbagi mengenai bagaimana kondisi islam di Thailand dan kehidupan muslim di sana” tukas Septian Purwandi selaku wakil ketua pelaksana dengan wajah berbinar. “Saya merasa bangga, senang dan sedih juga karena hari ini mereka sudah harus pulang ke Thailand, karena waktu mereka sangat terbatas dan kitapun berusaha untuk memaksimalkan waktu yang terbatas ini.” Tambahnya. Ditemui dikesempatan yang sama, Davis S. Muhummud salah satu anggota dari delegasi Thailand saat ditanyai mengenai kesannya selama berada di Batam mengungkapkan, “I’m very pleased, first  I didn’t think we will get big welcome like this, they are (panitia pelaksana-red) very helpful and fun, I’m very enjoyed this program” 

         
        Diakhir acara Sukree Sareem mengatakan “I’m very happy to your team, your team give so many thing to our team, thank you very much I hope I can come again.” Dari program ini diharapkan dapat semakin menambah  wawasan peserta mengenai kondisi Islam,baik di Indonesia, Thailand maupun Mlaaysia, serta juga diharapakan dapat semakin memupuk ukhuwah islamiyah antar negara. (*rahmi)

 Foto


Ditulis oleh

Muslim Society (Musisy) Adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Islam yang ada di Univeritas Internasional Batam yang Diresmikan Sejak Tahun 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2014 MUSISY.BLOGSPOT.COM Developed by WanpinBatam.com

Wanpin Batam