Ratusan Muslimah Padati Aula B UIB



Batam – Lembaga Dakwah Kampus Muslim Society Universitas Internasional Batam (LDK Musisy UIB) sukses menyelenggarakan Seminar “Cantik Dengan Hijabmu” sekaligus Grand Launching Buku Antologi Jilbab Pertama Mutahammisat pada Minggu (16/2), bertempat di Gedung Aula B Lt.1, Universitas Internasional Batam.

Mengusung tema Hijab, yang bertepatan dengan Hari Hijab Internasional 1 Februari, dan Hari Hijab Nasional 14 Februari, divisi akhwat LDK Musisy tidak menyia-nyiakan momentum ini untuk menebar semangat serta pesan positif pentingnya menutup aurat bagi muslimah. Sejak pukul 9.00 WIB, selasar gedung B UIB yang berada di kawasan Baloi-Sei.Ladi mulai dipadati peserta seminar yang berbalut pakaian kerudung dan jilbab yang berwarna-warni. Karpet merah terbentang menyambut 160 siswi sekolah menengah, mahasiswi, dan umum se-Kota Batam. Dengan background banner berisi kumpulan logo-logo UIB, Musisy dan Mutahammisat, peserta berpose untuk photo selfie bak acara bergengsi penganugerahan sekelas Hollywood. Selain itu, di sisi jalan menuju tempat utama acara, peserta disambut dengan standing banner berisi ajakan berhijab, stand bazaar asesoris muslimah, dan socmed corner tempat peserta menge-like FP Musisy serta bergabung di  grup Mutahammisat. 

Tepat pukul 09.30 WIB, acara dibuka dengan video berjudul Apapun Yang Terjadi, Kami Tetap Menutup-aurat (#AYTKTM) yang menceritakan kehidupan muslimah berbagai latar belakang dan profesi, namun keputusan menutup aurat tidak pernah menghalangi kesuksesan. Seminar kemudian dibawa dengan sangat asyik oleh ibu Dra. Hj. Herlini Amran, MA hingga berlangsung seru selama hampir enam puluh menit. Hal ini terbukti dari antusiasme peserta yang menanggapi pada sesi diskusi. Contoh-contoh nyata dalam kerudung dalam kehidupan sehari-hari, apa manfaat menggunakannya dan apa kemungkinan terburuk meninggalkannya, tidak hanya dipaparkan secara apik, namun mengena. Pemateri juga menjelaskan perbedaan kerudung/khimar (kain yang menutupi kepala), jilbab (penutup tubuh), dan hijab (pembatas), yang kadang sering diartikan sama. Tidak lupa sesekali beliau juga menyelipkan humor, dan doorprize untuk menarik perhatian peserta.

Tidak hanya seminar, agenda yang juga sangat disoroti di acara ini adalah Grand Launching Buku Antologi Jilbab Pertama Mutahammisat. Buku yang berjudul “Ini Aku dan Jilbabku” ini berisi kumpulan kisah nyata para penulis menggapai kesempurnaannya dalam berpakaian. Suka duka perjuangan dan pengorbanan untuk meraih hingga mempertahankannya bukanlah harga murah, karena dibayar dengan peluh dan air mata. Para penulis berasal dari keluarga besar akhwat UIB yang tergabung dalam Mutahammisat. Mutahammisat sendiri adalah nama divisi akhwat LDK Musisy yang berarti Perempuan-Perempuan yang Penuh Semangat.

“Materinya sangat bagus, penyampaiannya juga sangat baik. Tapi durasinya kurang panjang, terlalu sebentar sehingga materinya terasa kurang, seharusnya lebih lama tuh, kak”, ujar Meuthia, salah satu siswi SMA Negeri 1 Batam. Menanggapi ini, Mayang Bahtera Pertiwi dalam sambutannya selaku ketua panitia menyampaikan bahwa acara ini tidak berakhir di hari ini saja. Grup Facebook Mutahammisat tidak dibuat tanpa alasan, akan tetapi direncanakan sebagai tempat mempublikasikan dokumentasi acara, networking kader akhwat se-kota Batam, dan Biro Konsultasi Hijab, sebagai output dari seminar ini. Setelah kegiatan ini, diharapkan apabila ada kegiatan-kegiatan keakhwatan berikutnya dari rohis, remaja masjid, LDK, maupun komunitas umum lainnya, tidak akan kesulitan dalam pengumpulan massa, dan menjadi tempat sharing bagi muslimah yang baru akan berkerudung, ataupun yang ingin terus memperbaiki penampilannya.

Ditulis oleh

Muslim Society (Musisy) Adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Islam yang ada di Univeritas Internasional Batam yang Diresmikan Sejak Tahun 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2014 MUSISY.BLOGSPOT.COM Developed by WanpinBatam.com

Wanpin Batam