Kegiatan tahunan Musisy Tafakur Alam

Puji dan Syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmatnya kepada kita, terutama nikmat iman dan nikmat islam juga yang telah meridoi pada kita semua para pembaca yang bahagia.

Sholawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah membawa kita dari lembah kegelapan menuju cahaya islam yang terang benderang.

Dalam hal ini penulis ingin menyampaikan kepada teman-teman musisy, bahwa musisy akan mengadakan kegiatan "TAFAKUR ALAM". Kegiatan ini akan kami adakan tepatanya hari Minggu , 07 Februari 2016 di Pantai Marina. Untuk itu kami mengharapkan kehadiran teman - teman semua dalam event tahunan LDK Musisy UIB pada tahun ini.

Sebagai tambahan, penulis akan membahas apa itu tafakur alam dan apa manfaat bagi kita:



TAFAKUR

Tafakur artinya kegiatan berfikir, memikirkan dan merenungi secara mendalam. Tafakur berarti bagaimana kita sebagai hamba Allah memikirkan, merenungi akan kekuasaan ALLAH yang meliputi langit dan bumi beserta seluruh ciptaan-Nya ini, tidak hanya melalui akal semata tetapi juga disertai dzikir dan fikir dihati.


Tujuan/Manfaat Tafakur 
Tafakur dilakukan oleh seorang hamba bertujuan dalam rangka mengenal ma’rifatullah kepada Zat Allah, sifat-sifatnya serta nama-namaNya. Diriwayatkan Ibunu Abbas bahwa suatu hari Rasul SAW menemui suatu kaum yang sedang bertafakur. Beliau bertanya, “Mengapa kalian tidak berkata kata? “Mereka menjawab, “Kami sedang memikirkan tentang ciptaan Allah SWT.” Beliaupun bersabda, “Kalau begitu lakukanlah. Pikirkanlah tentang ciptaan Allah, tetapi jangan memikirkan Zat-Nya, karena kamu tidak akan sanggup memikirkannya”.Jadi bila hendak mengenal Allah bukan Dzatnya yang kita tafakuri atau pikirkan, tapi hasil karya atau ciptaannya yang meliputi bumi langit dan seluruh isinya. Dari proses tafakur ini dengan sendirinya kita dapat menemukan berbagai keajaiban dan rahasia yang menunjukkan kebijaksanaan, kekuasaan, kemuliaan dan keagungan Allah, yang Insya Allah dengan sendirinya tidak hanya akan menuntun jalan kita lebih mengenal Allah, tetapi juga pada akhirnya dapat menumbuhkan rasa cinta seorang hamba kepada sang Khalik-Nya.
Jika kita merutinkan tafakur, maka akan muncul kesempuranaan dalam keberagamaan kita. Siapa saja yang melakukannya dengan baik, maka ia akan beroleh kebaikan yang besar. Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata, tidak ada ibadah yang sepenting tafakur. Sebab tafakur itu pelita kalbu. Bila ia pergi, tiada cahaya yang menerangi. Tafakur akan menjadikan hatimu hidup, sinarnya akan menerangi seluruh jiwa dengan keimanan dan keyakinan
sekian terima kasih
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

credits: http://cirando.blogspot.co.id/

Ditulis oleh

Muslim Society (Musisy) Adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Islam yang ada di Univeritas Internasional Batam yang Diresmikan Sejak Tahun 2012

1 komentar:

 

Copyright © 2014 MUSISY.BLOGSPOT.COM Developed by WanpinBatam.com

Wanpin Batam